Job & Proses

Selama kurang lebih 6 bulan membuka bengkel cat motor di Batam, Ngupoyo Arto kebanyakan menerima pengecatan untuk bodi sepeda motor utuh. Mulai slebor, penutup kemudi (thothok), sayap kanan kiri, penutup bodi kanan kiri. Namun tak sedikit yang minta dicat per bagian.

Ada juga yang sekalian mempercayakan pengecatan pada tempat pijakan kaki, bagian bawah shockbreaker, blok penutup mesin, tangki (biasanya untuk sepeda motor jenis RX King atau Honda Mega Pro dsb).

Konsumen ketiga adalah mereka yang ingin dicat kerangka sepeda motornya. Sebagai catatan, Ngupoyo Arto hanya menerima bagian sepeda motor yang akan dicat, tidak mengerjakan pekerjaan melepas bagian-bagian tadi di bengkel. Kebanyakan konsumen yang datang sudah mempreteli bagian yang akan dicat.

Sebagai gambaran, kami tunjukkan bagan sederhana bagian mana saja yang bisa kami tangani. Jenis motor pada gambar di bawah ini hanya sekadar contoh.

 

pitku.jpg

 

PROSES PENGECATAN

Yang kami lakukan untuk membuat warna cat sepeda motor Anda menawan adalah sebagai beikut:

1. Mengamplas warna cat lama (lihat gambar di bawah)

 cat1.jpg

2. Jika ada bagian yang retak, setelah dilas plastik diolesi dempul (lihat gambar di bawah)

 cat4.jpg

3. Setelah itu dempul diamplas lagi hingga bekas dempulan rata dengan permukaan bagian yang akan dicat. Dikeringkan, lalu dimulailah pengecatan dasar. Sebagai contoh di sini warna dasar cat motor biru tua tetapi minta dicat merah tua. Dan untuk permintaan warna cat merah tua, kami pakai merah muda untuk menguatkan warna merah tua.

cat2.jpg

4. Dikeringkan lagi, selanjutnya dilakukan pengecatan untuk warna utama.

cat8.jpg

5. Meski warna merah tua sudah muncul, namun belum mengkilap. Proses selanjutnya adalah pengeringan kembali. Pada tahap ini hasil cat benar-benar kami perhatikan karena sangat berpengaruh pada hasil akhir, yakni cat motor setelah diclear bening. Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini. Bedakan kilapnya dengan gambar di atas.

cat9.jpg

 

 

60 Balasan ke Job & Proses

  1. fuad mengatakan:

    mohon bantuan nya untuk bisa belajar mengecat air brush mas , merek cat apa ? merek dempulnya apa ? tehnik utamanya gimana

  2. mas pur mengatakan:

    buat mas fuad

    kami di sini bukan air brush, tetapi pengecatannya. kalau airbrush untuk sementara ini belum dapat kami layani. merek dempul atau cat, bisa dilihat di toko cat kendaraan. cat mahal bukan jaminan lebih tahan lama, ada hal lain yang lebih penting yaitu pencampurannya dengan tinner serta teknik pengecatan, makasih.

  3. derry sekupang mengatakan:

    Mas Pur, kalau pecah sayap saya bisa disambung, nggak? Hasilnya nanti kelihatan luka bekas patahan nggak? Trims…

  4. Mochammad.Arifin mengatakan:

    Variasi untuk sepeda motor tua ,sebaiknya warnanya gimana ? pengelompokan warna selarasnya gimana ? misal selebor depan harus sama dengan warna tangki .

    Trim sebelumnya

    Regards,arifin

  5. lugas mengatakan:

    bang ni mo nanya?hasil cat utama ko pecah & kasar pengaruhna apa ya?klo suhu kurang mendukung misal mendung pengaruh pada pengecatan gmn?sebelumna makasih,

  6. emjie mengatakan:

    mas pur ijin ta link ya, bagian cara pengecatanya
    boleh?

  7. Ryan mengatakan:

    mo nanya nih? klo mau ngecat pelek jari2 yg stainless gimana prosesnya
    catnya merk apa, soalnya saya udah coba pake pilok tapi terkelupas catnya

  8. deni mengatakan:

    jablay rysak dimana tempanya benrinnya

  9. izul mengatakan:

    nas, belajar pengecatan yg baik gimana untuk pemula?

  10. izul mengatakan:

    untuk pengecatan, jarak yg baik kira-kira berapa cm dari bahan yg akan di cat???

  11. izul mengatakan:

    harga kompresor yg mini brp? dan untuk pilotnya brp??

  12. antspy mengatakan:

    saya mau decco motor ninja n saya sukanya warna biru.

    baguznya biru gimana ya…???

  13. dispur mengatakan:

    saya mo nanyak, bagai mana caranya agar hasil cat kita bisa tahan lama dan bagai mana cara mancampur/perbandingan clear dengan cat. trims

  14. dispur mengatakan:

    saya mo nanyak kira2 perbandingan thinner dengan cat gimana agar mandapatkan hasil cat yang tahan lama?

  15. hakim mengatakan:

    aku lagi kepingin belajar pengecatan yah kalo bisa ingin usaha juga dibidang ini, boleh dong kasih tau teknik campuran cat dan jarak penecatan agar hasil bisa maksimal? cara yang dimaksud untuk menguatkan warna diatas apakah berlaku untuk semua warna? kalau yang diminta earna muda & ingin warna mudanya baik? terimakasih

  16. dewarin mengatakan:

    mas pur klo cat motor vesapa biayanya kirakira berpa ya?n cat yg bagus merek pa?pernis yang bagus merek pa juga mas?oh ya satu lagi bair kaulitas catan bagus yang nagruh catnya apa pernis ato cara catnya?

  17. yoedi bendlay mengatakan:

    salam kenal mas pur!!!mo tanya seberapa banyak perbandingan cat dengan tiner,jika cat 100cc perbandingan tinernya berapa?dan waktu yang tepat saat penecatan kapan???(dengan menggunakan compresor)sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  18. rudi mv mengatakan:

    mas mw ngecet fu full body, Brapa mas ya ?

  19. Rehan mengatakan:

    Mas gimana ya agar supaya warna tdk lekas pudar saat mengaplikasikan cat di mtor

  20. anthoni mengatakan:

    Please visit japemethe-batam.blogspot.com

  21. xxx mengatakan:

    dah gak ada respon ts , close aja bro.

  22. yoga op mengatakan:

    aye mau tanya ne bang..lu kita ngecat kai kompresor tu berapa x timbal suapya hsilnya bgus/klirnya juga ya . makasih

  23. gessy mengatakan:

    kalo ngecat segitu mah gampang..
    anda pengen hasil memuaskan silahkan hub saya via email..
    Bengkel Protec Body Work..
    Malang-Sawojajar

  24. IBLIZMALAM mengatakan:

    koj

  25. Dian MN mengatakan:

    mas ijin linknya boleh ga? maklum lagi belajar blog neh

  26. tyo mengatakan:

    bung kalo takaran tiner n cat bysa ny bguz ny brp bndinx brp ?

    truz klo takaran wat perniz ny ?
    kalo pke gliter lebih rumit n ssah ap gk ?

    thanxz wat info ny…………..

  27. agus78 mengatakan:

    mas pur utk cat tetapi gak d clear tuk hasil akhirnya gmana?

  28. man mengatakan:

    mhn petunjuk y
    coz ru mo bljr

  29. sutha mengatakan:

    mas berapa takaran cat dng tener / campura dng tener banding berapa

  30. Micun mengatakan:

    Mas biasax cat dan pernis yg di gnakan merk pa?

  31. heri mengatakan:

    mohon bantuan mas..tehnek mengecat.,langkah pertama dan seterus nya,..dan merek cat & clear nya apa

  32. ERNES mengatakan:

    mas aq mo tanya,,gimana cara ngecat motor biar sama sepeti warna asli.thx….

  33. evan mengatakan:

    di batam yaa ..
    numb hp na brp gan ??
    ak mau cat motor ak ne ..
    kira kira hrg na brg yaa gan?
    jgn mahal mahal laa gan ?

  34. dick'x mengatakan:

    gan mo nanya apkah cat,prnis,poxy merek blinken di ats sglanya

  35. Joe mengatakan:

    Sebenarnya mrek cat apa yg paling bagus?kalo boleh tanya?

  36. Indra mengatakan:

    Mas mau tanya,, jarak semprot yang bagus tu berapa?

  37. papi mengatakan:

    mas gimana cara campuran cat menjadi warna bunglon……

  38. claudius mengatakan:

    mas, gimana cara cat supaya jgn gelembung?

  39. sanusi mengatakan:

    Boz cat yg agak bagusan warna apa bwt rx king …………

  40. you_dha mengatakan:

    kalau ngecet trus biasanya kasar dan pecah2 itu kira2 kenapa gan??

  41. Abank Amat Gam mengatakan:

    assalamualaikum, saya mau nanya:
    gimana cara meng oplos cat deco… apa-apa saja yang harus di campur pda cat selain cat dan tiner?

  42. Anwar mengatakan:

    Bos,gmn seh bntuk las plastik it,jujur aq br dnger..trus cr pmakaiannya gmn?

  43. Sukirman mengatakan:

    Bos gimana ya kok tiap saya meng clear kok hasilnya ga bagus . Kadang ada bagian yang ga mengkilap . Tolong pemahaman

  44. ZoelQfly mengatakan:

    Pengen nanya nich…. Takaran cet dan thiiner brpa sich…. Soalnya saya dah mendico tp msi g’ halus…. N biasanya ada bntik2nya…..????

  45. iwan mengatakan:

    koq…ngga kilap…pake vernis apa sih…..

  46. arum mengatakan:

    berapa ya bos..kira cat Satria F full harganya rata-rata??

  47. yandry umbu mengatakan:

    mas,,, aku punya motor fit x nih, mw cat odi cocoknya warna opo ya mas?

  48. yandry umbu mengatakan:

    mas aku mw pesan body crom hitam untuk motor FIT X,, total brapa ya? bodi keseluruhannya. mkasih atas infonya… tlg d kirim ke email saya

    yandryumbu@rocketmail.com

  49. ichal mengatakan:

    mas bro aku mau nanya……kalau cat yang merk blinken
    merk tinner yang cocok apa?????

  50. razhie pank mengatakan:

    Wah bgus jga hasil y’klau beberapa jam seLesai make tiner ap y buat deco nya

  51. agung mengatakan:

    mas,ini unt cat tanki tiger dan bodi kira2 berapa harga?batam y di daerah mana y?

    suwun.

  52. wandkt mengatakan:

    mau tanya ni gan,ane coba ngecat rx king dgn warna hitam metalik dgn merk pentagloss yg jd kendala catnya berkabut gak mau rata,ane coba amplas lg cat lg hasilnys sama…
    jd bingung ane gan..bantuin dong…biar rx king ane kinclong…trms gan.

    • feris mengatakan:

      gan wandkt…coba popsi yg rata dan dasari dengan silver.agar dapat memantulkan mtalikdi hitam nanti..dan baru timpa dengan hitam metalic…usahakan mencatnya yg rata..dan cuaca yg bagus..agar tidak ada kabut kabut…dan finising dngan pernis yg bagus 3-4x lapis..

  53. mhimin doank aza mengatakan:

    Cara mencampurkan cat dgn thinner untuk hasil yg maksimal gmn bang…??

  54. toko herbal online mengatakan:

    yg bagus itu angin nya pake kompresor atau pake oksigen ?

  55. toko herbal online mengatakan:

    salam kenal gan sukses selalu

  56. wibowo adi pangestu mengatakan:

    mau nanya.brapa harga compresor mini.dan harga pilot.y..klw soal urusan deco standar dan tehnik airbrush sdh mahir tapi alat’nya blum lengkap??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: