Behind The Bike Story

aku menghilang? miss me? i bet you are! ( ah sok pede…) yah beginilah nasib jadi manusia tanpa pekerjaan. ga sempat online. asli banyak banget kegiatan yang aku lakukan di solo selain wisata boga, mengunjungi sanak kerabat dan temen2 lama.
ini gambar motornya setelah jadi
selain itu aku juga maen ke bengkel Oomku di daerah kestlan solo. lho balung maen ke bengkel? yup kegiatan yang udah lama banget aku tinggalkan semenjak aku pindah ke surabaya. apa yang aku kerjakan di bengkel? yah mulai dari mengelas dan bongkar mesin. ( cuman bogkar ga ikutan masang ). proyek kemaren yang aku kerjin adalah mengubah sebuh honda CB 100 milik sodara sepupuku menjadi sebuah motor trail. lama pengerjaan sekitar 2 minggu.

pada awal2 pengerjan kami menurunkan mesin trus memotong rangka sepeda motor. prosesnya ga terlalu lama wong sudah tahu bagian mana ajah yang mau dipotong. yang bikin rada ribet adalah proses mengubah supensi asli menjadi suspensi monoshock. setelah disambi becanda dan ribuan pisuhan akhirnya kami mengadopsi suspensi milik suzuki satria. swing arm dipasang, trus bikin dudukan shockbreaker. masalah baru mincul. lha supensuinya kok nggak mau mentul. setelah mendapat wangsit dari yang mana saja, akhirnya bagian bawah dibikin unitrack mirip punya kawasaki AR 125 ( kebetulan dulu pas aku SMU ku punya jadi masih rada apal). suspensi belakang beres, suspensi depan langsung memakai milik suzuki TS. beres. motor bisa mendut2 seperti yang diharapkan.

setelah masalah rangka beres, akhirnya mulai mengerjakan body. si Chandra ( yg punya sepeda motor ) memilih body Honda XR. aku oke-oke saja wong aku gak melok duwe motor. setelah pas dipasang di rangka dengan sedikit rasa nasionalisme timbul, kami mengecat dengan cat siekens warna putih dan merah. pas ngecat aku rada sedikit teler gara2 menghirup uap thinner ( guys don’t try this at home! ). cat beres.
setelah cat beres kami mulai melirik mesin. karena silinder lama udah sangat bulukan dan nggak layak pake akhirnya dipake silinder dan rumahnya milik honda tiger. gak banyk beda sih dengan punya honda CB. hanya ukurannya yang beda. mesin terpasang.
pada hari jum’at tanggal 17 november aku mengalami kecelakaan. sepeda motorku ditubruk oleh seorang anak kecil yang mengebut di perempatan deket TK pembina solo. aku gulung koming ga karuan dengan tubuh babak bundhas. anak kecil yang menabrakku akhirnya dihajar oleh orang2 disana dan entah bagaimana nasibnya. bajigur sumur! aku kok gak diajak ikut menghajar to yooo? aku mendapatkan 8 jahitan di lengan. terpaksa istirahat selama 5 hari. sorry foens & mbak ken aku ga bisa jagong. have a nice marriage yoo

setelah istirahat cukup, kami mulai lagi merangkai kabel2 dan elektronik. berhubung pas pelajaran masalah kelistrikan aku gak masuk jadi aku ga ikut2an. masalah timbul. ternyata kami lupa menaruh koil. setelah saling berpandang2an sejenak dan tanpa sepengetahuan Oomku akhirnya kami menyikat sebuah koil milik VW kodok 1303 yang tergeletak di deket rak. tes 123 motor menyala. kami bersorak kegirangan. akhirnya dengan perjuangan penuh darah dan keringt serta sedikit kelicikan kami berhasil membangkitkan motor dari kepunahan.

sumber: another balung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: